Jumat, 19 Februari 2010

Sulit Berkonsentrasi? Coba Makan Ini…

Tak hanya mereka yang bekerja di kantor yang harus selalu fokus. Berkarya di rumah sebagai ibu rumah tangga juga memerlukan konsentrasi tinggi, misalnya ketika membantu anak belajar atau menyusun anggaran belanja. Pada saat seperti itu, kita butuh pikiran yang jernih dan tajam agar aktivitas ini bisa memberikan hasil terbaik untuk anak dan keluarga.

Agar daya konsentrasi di otak meningkat, coba sisipkan olahan berbahan dasar telur, ikan, dan kacang merah ke dalam menu sehari-hari. Ketiganya mengandung protein tinggi yang mampu meningkatkan kadar hormon tirosin di otak. Menurut Harris R Lieberman PhD, penulis buku Nutritional Neuroscience, kadar tirosin yang tinggi akan membuat otak kita lebih waspada dan lebih berkonsentrasi. Lieberman adalah peneliti dari Department of Psychology, Massachussetts Institute of Technology.

Lengkapi dengan: Mengurangi karbohidrat dan lemak. Keduanya mengandung L-tryptophan yang dapat memengaruhi produksi hormon melatonin dan serotonin. Dalam jumlah terlalu banyak, kedua hormon itu dapat menurunkan semangat dan membuat kita mudah mengantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar