Selasa, 11 Januari 2011

soal MANAJEMEN PEMASARAN LANJUT

SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 1: RUANG LINGKUP DAN TANTANGAN PEMASARAN INTERNASIONAL - GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Apa yang Anda ketahui tentang global village?
2. Bermain di pasar internasional-global juga bisa dilatarbelakangi motivasi membagi resiko bisnis,
apa maksudnya?
3. Dalam salah satu paradox pemasaran global disebutkan bahwa pemasar domestic (yang sukses)
acapkali gagal di pasar internasional. Mengapa demikian?
4. Mengapa memasuki pasar asing dengan berpatokan pada besarnya permintaan menjadi salah
satu dari tujuh perangkap dalam pemasaran internasional-global?

Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini manakah yang tidak termasuk pendorong globalisasi industry-pasar?
a. Kemiskinan.
b. Faktor Pemerintah.
c. Persaingan.
d. Faktor Biaya.
2. Kecenderungan tumbuhnya konvergensi gaya hidup dan selera, serta pembentukan merek
global (seperti Coca-cola, Marlboro) merupakan perubahan yang terjadi pada:
a. Market drivers.
b. Cost drivers.
c. Goverment drivers.
d. Competition drivers.
3. Jika pemasaran yang dilakukan didasarkan pada pandangan yang berorientasi global dan
menganggap bahwa seluruh dunia sebagai pasar sasaran, maka pemasaran dilakukan dengan
orientasi:
a. etnosentris.
b. geosentris.
c. polisentris.
d. simetris.
4. Mana diantara alasan ‘go-international ‘ berikut ini yang tergolong dalam alasan proaktif?
a. Perusahaan ingin memanfaatkan kelebihan kapasitas.
b. Perusahaan mengalami ancaman akan kehilangan pasar dalam negeri.
c. Adanya perubahan tariff dan kuota di berbagai negara.
d. Perusahaan ingin memanfaatkan perkembangan teknologi IT sehingga dapat menjangkau
pasar yang lebih luas.
5. Manakah diantara jawaban berikut yang termasuk perangkap dalam pemasaran internasionalglobal
(Simmond, 1999)?
a. Kurs mata uang.
b. Embargo ekonomi.
c. Memiliki ekspektasi bahwa konsumen di seluruh dunia mendambakan hal yang sama.
d. Adanya regulasi pemerintah negara tujuan yang mengharuskan sertifikasi produk.
6. Jika waralaba seperti McDonald, ternyata yang memiliki paket nasi hanyalah yang di Indonesia,-
termasuk contoh orientasi pemasaran jenis apakah hal ini?
a. Buyers.
b. Polycentric.
c. Polytechnic.
d. Domestic.
7. Yang tidak termasuk point dalam konsep 5C oleh Ohmae (1991) dalam bukunya The Borderless
World, adalah:
a. Change.
b. Company.
c. Competition.
d. Currency.
8. Yang termasuk tantangan dalam pemasaran internasional-global, adalah.
a. Marketing decision factors.
b. Marketing Environment.
c. Trade Policy.
d. Semua jawaban benar.

SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 2: Lingkungan Pemasaran Internasional-Global
Pertanyaan Diskusi
1. Mengapa faktor industrial growth menjadi salah satu aspek yang penting dalam analisis
lingkungan ekonomi pada pemasaran internasional?
2. Berikan penjelasan singkat tentang upaya-upaya meminimasi resiko politik pada pemasaran
internasional!
3. Berikan penjelasan singkat tentang peluang masalah-masalah dalam hukum internasional, jika
dikaitkan dengan konteks pemasaran internasional!
4. Jika pada salah satu atau dua aspek lingkungan tidak layak, apa langkah yang hendaknya diambil
oleh pemasar internasional?
Soal Pilihan Ganda
1. Sistem perekonomian yang menerapkan alokasi pasar dan perintah adalah:
a. Sistem Perekonomian Kapitalis.
b. Sistem Perekonomian Pasar.
c. Sistem Perekonomian Komando.
d. Sistem Perekonomian Campuran.
2. Manakah yang tidak termasuk dalam indikator dalam analisis lingkungan ekonomi pada
pemasaran internasional?
a. Perkembangan pasar.
b. Pola perdagangan.
c. Paritas daya beli
d. Semua jawaban salah.
3. Manakah diantara pilihan jawaban berikut yang termasuk dalam elemen kerangka analisis pada
pemasaran internasional?
a. Seleksi pasar nasional.
b. Penentuan strategi pemasaran.
c. Pengembangan rencana pemasaran.
d. Semua jawaban benar.
4. Negara berpenghasilan rendah umumnya memiliki karakteristik seperti berikut, kecuali:
a. Industrialisasi terbatas.
b. Dominannya peranan sektor jasa.
c. Tingkat ketergantungan pada bantuan luar negeri tinggi.
d. Semua jawaban salah.
5. Berikut ini adalah langkah penyelesaian konflik internasional, kecuali:
a. Melalui tuntutan dan proses peradilan (ligitation).
b. Arbitrasi.
c. Musyawarah-Negosiasi.
d. Voting.
6. Berikut termasuk salah satu hukum yang bisa menghambat perdagangan internasional, kecuali:
a. Tariff dan kuota.
b. Hukum anti-dumping.
c. Hukum agraria.
d. Semua jawaban salah.
7. Yang bukan merupakan pendekatan dalam memahami lingkungan sosio-cultural pada
pemasaran internasional, adalah:
a. Teori difusi.
b. Self reference criterion.
c. Hirarki kebutuhan Maslow.
d. Semua jawaban salah.
8. Berikut adalah aspek yang perlu diperhatikan dalam lingkungan teknologi pada pemasaran
internasional, kecuali:
a. Apakah teknologi yang dimiliki bertentangan dengan local laws?
b. Apakah teknologi yang dimiliki termasuk pada teknologi tepat guna?
c. Apakah teknologi yang dimiliki berbeda fase PLC-nya di berbagai negara?
d. Proteksi intelektualitas atau paten dari teknologi yang dimiliki.
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 3: SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING, DAN BRANDING DI PASAR
INTERNASIONAL - GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Apa esensi dari aktifitas segmentasi pada pemasaran internasional?
2. Kriteria utama dalam targeting adalah potensi dan kapabilitas, apa maksudnya?
3. Apa saja kemugkinan kendala dalam positioning pada pemasaran internasional-global?
4. Jika perusahaan menggunakan No-Brand, lalu bagaimana produk dapat dikenal oleh pasar? Pada
konteks yang bagaimana produk no-brand semacam ini dapat sukses di pasar?
Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini yang tidak termasuk kriteria dalam segmentasi di pasar internasional adalah:
a. Demografis
b. Geografis
c. Perilaku
d. Targeting.
2. Segmentasi dengan mengelompokkan dalam hal sikap, nilai dan gaya hidup adalah:
a. Segmentasi perilaku
b. Segmentasi manfaat
c. Segmentasi psikografis
d. Segmentasi humanis.
3. Berikut ini termasuk kriteria “potensi” dalam targeting di pemasaran internasional, kecuali:
a. Ukuran dan potensi pertumbuhan pasar ‘sesungguhnya’
b. Sumber daya waktu, manusia dan kas
c. Ketersediaan mitra lokal yang capable dan bersedia bekerja sama
d. Kemungkinan akseptansi konsumen.
4. Berikut ini termasuk kriteria “kapabilitas” dalam targeting di pemasaran internasional, kecuali:
a. Kesiapan memasuki pasar internasional/pengalaman di luar negeri.
b. Kelangkaan dan kekritisan kompetensi.
c. Jawaban a dan b benar.
d. Jawaban a dan b salah.
5. Berikut ini termasuk dalam alternative strategi targeting di pasar internasional-global, kecuali:
a. Standardized Global Marketing.
b. Concentrated Global Marketing.
c. Differentiated Global Marketing.
d. Jawaban c salah.
6. Pendekatan pencapaian posisi unik melalui differensiasi pada fitur, kinerja, kualitas, daya tahan,
dsb; merupakan pendekatan dari aspek:
a. Layanan
b. Personil
c. Citra
d. Semua jawaban salah.
7. Pendekatan pencapaian posisi unik melalui differensiasi pada aspek citra diupayakan melalui:
a. Coverage
b. Empati .
c. Layanan antar (delivery).
d. Semua jawaban salah.
8. Value proportition dalam global positioning meluputi hal berikut, kecuali:
a. Manfaat kronologis
b. Manfaat fungsional
c. Manfaat ekonomis
d. Manfaat emosional
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 4: STRATEGI MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL-GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Berikanlah contoh gambaran pemilihan mode of entry atas pertimbangan aspek karakteristik
produk!
2. Berikan gambaran kekuatan dan kelemahan ekspor langsung!
3. Apa saja kelebihan mode of entry dengan system kontraktual?
4. Pada kondisi seperti apa, pilihan investasi langsung (Akuisisi dan Greenfield) dapat menjadi
pilihan yang terbaik dalam mode of entry?
Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini termasuk pertimbangan dalam pemilihan mode of entry dari aspek karakteristik
negara, kecuali:
a. Ukuran dan pertumbuhan negara.
b. Resiko politik dan lingkungan.
c. Aturan bea cukai.
d. Infrastruktur ekonomi dan pasar.
2. Berikut ini yang termasuk pertimbangan mode of entry dari aspek hambatan dagang tidak
langsung, adalah:
a. Tarif.
b. Kuota.
c. Regulasi produk.
d. Proprietary assets.
3. Berikut ini dinamika market entry yang harus diperhatikan dalam menentukan pilihan mode of
entry, kecuali:
a. Lokasi produksi.
b. Komitment sumber daya.
c. Pengendalian dan flesibilitas.
d. Preferensi produk lokal.
4. Berikut ini yang termasuk kelebihan dari ekspor tidak langsung, adalah:
a. Komitmen terbatas.
b. Resiko minimal.
c. Fleksibilitas.
d. Semua jawaban benar.
5. Jika sebuah perusahaan memasarkan produk atau jasanya melalui organisasi distribusi
perusahaan lain di pasar luar negeri tertentu, maka itu disebut:
a. Greenfield.
b. Piggybacking.
c. Contract manufacturing.
d. Semua jawaban salah.
6. Berikut yang termasuk resiko atau kelemahan dari model entry melalui joint venture, adalah:
a. Masalah potensial dan konflik antar mitra bisnis.
b. Pengendalian parsial.
c. Jawaban a dan b benar.
d. Jawaban a dan b salah.
7. Berikut ini termasuk keunggulan model entry melalui akuisisi, kecuali:
a. Mengurangi kompetisi
b. Mendiversivikasi resiko
c. Nama merek dan reputasi telah terbentuk
d. Jawaban a dan c benar.
8. Berikut dapat menjadi motivasi pilihan atau keunggulan utama waralaba, kecuali:
a. Akses pada keahlian dan kontak pasar lokal.
b. Memanfaatkan talenta manajerial lokal.
c. Motivasi manajerial lebih besar.
d. Investasi financial terbatas.
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 5: INTERNATIONAL BUSINESS PARTNERSHIPS (IBP)
Pertanyaan Diskusi
1. Menurut Anda, mungkinkah di era sekarang ini, perusahaan yang bermain di pasar internasional
tidak menerapkan IBP? Jelaskan!
2. Apa saja aturan-aturan main yang diperlukan untuk mencapai IBP yang sukses?
3. Mitra bisnis dengan kualitas seperti apa yang sebaiknya diajak bekerja sama?
4. Apa bedanya antara patent licensing dan franchising? Jelaskan!
Soal Pilihan Ganda
1. Perspektif/paradigma yang sering digunakan untuk menjelaskan IBP antara lain seperti berikut
ini, kecuali:
a. Increasing Returns Theory
b. Organisation of Alliances
c. Distributor Theory
d. Agency Theory.
2. Teori yang memandang kolaborasi berbagai metode untuk mengurangi biaya dalam
mengorganisasikan transaksi bisnis internasional adalah perspektif IBP:
a. Increasing Returns Theory
b. Distributor Theory
c. Transaction Cost Economics.
d. Semua jawaban salah.
3. Organisational Learning/Knowledge IBP akan dapat memperkuat aspek-aspek berikut ini,
kecuali:
a. Strategis
b. Operasional
c. Taktikal bisnis
d. Logikal.
4. Pada Production/Assembly/Buy Back Agreements, apa bentuk kompensasi yang akan diperoleh?
a. Lump Sum Fee
b. Mark Up
c. Royalty
d. Sharing-product.
5. Motif utama perusahaan melakukan IBP adalah untuk mendapatkan bargaining power superior
yang ditimbulkan dari sumberdaya dan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Teori IBP
tersebut melalui pendekatan:
a. Behavioural Research
b. Political Economy
c. Resource-Based View
d. Semua jawaban salah.
6. Porter & Fuller (1986) mengidentifikasi sejumlah tujuan pokok perusahaan melakukan aliansi
strategic, antara lain :
a. Memperkecil resiko, terutama dalam menanggung modal yang besar, misalnya untuk
kegiatan penelitian dan pengembangan ( R&D )
b. Mendapatkan akses ke asset perusahaan lain, seperti teknologi, pasar, modal, kapasitas
produksi, produk, atau tenaga kerja.
c. Mencapai skala ekonomis (economies of scale) dan pembelajaran (learning) bersama mitra
bisnis
d. Semua jawaban benar.
7. Bagaimana tingkat saling ketergantungan antar perusahaan pada Know How Licensing?
a. Sangat tinggi
b. Sedang
c. Tidak ada sama sekali
d. Rendah.
8. Berikut ini adalah faktor-faktor utama yang harus diperhatikan pada seleksi partner IBP:
a. Cultural Fit
b. Strategic Fit
c. Jawaban a dab b salah semua
d. Jawaban a dan b benar semua.
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 6: PENETAPAN PRODUK DI PASAR INTERNASIONAL - GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Jelaskan dengan singkat tahapan proses pengembangan produk baru!
2. Bagaimana perbandingan IPLC di Negara maju dan berkembang, berikan gambaran singkat!
3. Salah satu pilihan perusahaan adalah beroperasi di pasar asing dengan produk yang tidak
menggunakan merek (no brand). Pada konteks seperti apa, pilihan ini dapat dikatakan baik?
Jelaskan secara singkat!
4. Apa saja kelebihan dari penerapan Multiple Brand?? .
Soal Pilihan Ganda
1. Langkah penyempurnaan produk dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali:
a. Mengubah kandungan/unsur-unsur produk
b. Menambah ciri-ciri atau model baru
c. Menambah persyaratan/kebutuhan pemrosesan
d. Mengubah konsep iklan produk.
2. Produk yang diadaptasi agar dipersepsikan memiliki karakteristik yang khas (unik) oleh pasarpasar
nasional yang dilayani, dikenal dengan :
a. Multinational product
b. Global product
c. Internasional product
d. Local product.
3. Strategi ini mengubah produk dan pesan iklan bagi pasar setempat, dikenal dengan :
a. Dual Adaptation
b. Product Communication Extension
c. Product-Extension, Communication Adaption
d. Product Invention.
4. Berikut ini adalah faktor yang turut mendorong dilakukannya adaptasi produk, kecuali:
a. Pemakaian produk terutama di lingkungan urban
b. Selera dan kebutuhan pelanggan sangat beranekaragam
c. Perbedaan bahasa dan kebudayaan yang berpengaruh terhadap pembelian dan pemakaian
d. Persyaratan kandungan lokal.
5. Berikut ini adalah keunggulan dari penerapan Private Brand, kecuali:
a. Memberi peluang yang lebih baik untuk diferensiasi produk
b. Memberi peluang bagi perusahaaan untu menguji produk di pasar
c. Memungkinkan perusahan memperoleh pangsa pasar yang lebih besar
d. Memberi margin laba yang besar bagi dealer.
6. Jika perusahaan menggunakan satu merek untuk menjual produk ke seluruh dunia, maka
langkah itu pada strategi branding disebut ..
a. Local Brand
b. Single Brand
c. Wordwide Brand
d. Centered Brand.
7. Berikut ini adalah contoh dari kasus Country of Origin Effects, kecuali:,
a. Jepang (mie)
b. Jerman (mobil mewah)
c. Swiss (jam tangan)
d. Perancis (busana wanita).
8. Standar ini dibutuhkan hanya ntuk menjamin pemeriksaan dan uji akhir, adalah platform...
a. ISO 2000
b. ISO 9001
c. ISO 9002
d. ISO 9003.
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 7: KEBIJAKAN HARGA DI PASAR INTERNASIONAL - GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Jelaskan mengapa kebijakan-penetapan harga merupakan keputusan yang krusial, baik itu dalam
konteks pemasaran omestik maupun internasional??!
2. Salah satu alternatif kebijakan penetapan harga internasional, yaitu polisentris. Apa saja kah
keunggulan dan kelemahan dari alternatif ini?
3. Berikan gambaran singkat (contoh riil) tentang Compensation Trade (Buyback)!
4. Apa saja dampak positif dari dumping bagi negara yang menerapkannya?
Soal Pilihan Ganda
1. Jika perusahaan tidak menetapkan suatu harga tunggal ataupun menyerahkan keputusan harga
kepada setiap cabang secara terpisah, tetapi mengambil posisi di tengah, maka kebijakan
penetapan harga semacam ini dikenal dengan:
a. extention
b. invention
c. adaptation
d. polisentris.
2. Berikut ini adalah satu diantara faktor-faktor mempengaruhi harga domestik , kecuali:
a. tujuan penetapan harga
b. biaya
c. persaingan
d. lingkungan politik suatu negara.
3. Jika suatu perusahaan yang memiliki banyak persediaan yang tidak laku terjual, berusaha
mengatasi masalah kapasitas berlebih tersebut dengan cara menjual kelebihan produk tersebut
dengan harga berapa pun di pasar luar negeri, adalah dumping jenis apa?
a. persisten
b. sporadis
c. naturalis
d. predatori.
4. Berikut ini adalah salah satu pendekatan alternative dalam menentukan harga transfer, kecuali:
a. Cost-based Pricing
b. Negotiated
c. Sight Draft
d. Market-based Pricing.
5. Bentuk countertrade yang paling sederhana adalah:
a. Barter
b. Parallel Barter/Parallel Trading
c. Konsinyasi
d. Open Account.
6. Banyaknya negara sedang berkembang yang tertarik dengan countertrade dikarenakan hal-hal
berikut ini, kecuali;
a. Berharap akan dapat tercipta banyak lapangan kerja, pendapatan meningkat, dan
perekonomian dapat tumbuh dengan pesat
b. Membutuhkan mitra multinasional yang dapat membantu menjual produk-produknya ke
negara lainnya
c. Negara-negara tersebut kekurangan mata uang asing (devisa)
d. Tempo pembayaran yang lebih panjang jangka-nya.
7. Pada metode pembayaran Open Account, kapankah barang diterima oleh pembeli?
a. Sebelum pembayaran
b. Sesuai dengan kesepakatan
c. Saat penyerahan draft kepada pembeli
d. Sesudah pembayaran
8. Pada metode pembayaran L/C (Letter of Credit), kapankah pembayaran dilakukan?
a. Saat jatuh temponya draft
b. Apabila barang dikirim dan dokumen sesuai dengan L/C
c. Sesudah barang terjual
d. Sesuai dengan kesepakatan.
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 8: KEBIJAKAN DISTRIBUSI DI PASAR INTERNASIONAL - GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Sebenarnya, secara prinsipil, apakah yang membedakan kebijkaan distribusi di pasar
internasional, jika dibandingkan dengan distrisbusi di pasar domestic? Jelaskan secara singkat!
2. Berikanlah contoh riil yang dapat menggambarkan perbedaan keputusan kebijakan distribusi
yang diambil karena faktor karakteristik produk!
3. Pendekatan manajemen channel (distribusi) di pasar internasional adalah secara vertical dan
horizontal. Apa maksudnya?
4. Era internet telah berkembang pesat, bagaimanakah dampak internet terhadap keputusan
kebijakan distribusi internasional? Menjadi semakin baikkah, atau malah justru menjadi
ancaman bagi rantai channel pada distribusi internasional?
Soal Pilihan Ganda
1. Dalam merancang saluran pemasaran, perusahaan menerapkan sejumlah kriteria dasar seperti
juga yang berlaku produk-produk tidak tahan lama. Kriteria dasar tersebut diantaranya meliputi
hal berikut:
a. Membutuhkan pemasaran langsung
b. Adanya jaminan perantara bahwa perputaran barang dagangan secara cepat
c. Pengiriman yang terproteksi
d. Semua jawaban benar.
2. Utiliitas adanya saluran distribusi yang menyangkut negosiasi dari peralihan hak milik atas
produk atau jasa yang dipasarkan dari produsen ke konsumen, disebut:
a. ownership utility
b. form utility
c. place utility
d. information utility.
3. Proses pembentukan saluran distribusi global agar bisa sesuai dengan tujuan perusahaan secara
keseluruhan dipengaruhi oleh faktor utama berikut ini, kecuali:
a. Pasar yang dihadapi
b. Kebijakan harga yang diterapkan
c. Karakteristik perantara
d. Karakteristik produk.
4. Pada produk industrial, alternatif saluran distribusi yang tersedia meliputi kombinasi antara
pilihan berikut ini, kecuali:
a. Wiraniaga perusahaan
b. Distributor/agen
c. Penyampai jasa kontrak
d. Pedagang grosir.
5. Dalam evaluasi efektifitas saluran istribusi, dikenal pula konsep 5C. Berikut ini adalah termasuk
salah satunya, kecuali:
a. Coverage
b. Continuity
c. Control
d. Consumer
6. Pengukuran kinerja saluran pemasaran dapat didasarkan pada sejumlah kriteria yang
menyangkut kemampuan perantara untuk menyediakan produk atau jasa yang meliputi hal
berikut ini, kecuali:
a. lot size
b. delivery time
c. currency
d. market-decentralization.
7. Konflik saluran distribusi dapat bersumber dari hal-hal berikut ini:
a. Tujuan atau sasaran yang tidak selaras
b. Persepsi yang tidak kongruen terhadap realitas karena masalah komunikasi teknis
c. Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah.
8. Hal-hal berikut ini melatarbelakangi munculnya inovasi-inovasi dalam saluran istribusi
internasional, kecuali:
a. Munculnya hukum anti-dumping
b. Perkembangan teknologi
c. Perkembangan peraturan yang berlaku
d. Eksperimentasi dengan tipe perantara yang sebelumnya belum pernah dicoba oleh
eksportir.
SOAL-SOAL PEMASARAN INTERNASIONAL
Topic 9: KEBIJAKAN KOMUNIKASI DI PASAR INTERNASIONAL - GLOBAL
Pertanyaan Diskusi
1. Salah satu kendala yang dihadapi pada periklanan internasional adalah kendala bahasa,
bagaimana upaya yang dapat dilakukan pemasar internasional untuk mengatasi kendala ini?
2. Evaluasi efektifitas kegiatan periklanan pada pemasaran internasional dapat dilakukan dengan
cara apa saja?
3. Seperti apakah gambaran implementasi personal selling pada konteks pemasaran internasional?
4. Coba bandingkan strategi komunikasi pemasaran dengan dual extention versus dual adaptation!
Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini adalah termasuk salah satu elemen dalam komunikasi pemasaran, kecuali:
a. Marketing intelegent
b. Public relation
c. Personal selling
d. Sales promotion.
2. Berikut ini yang tidak termasuk kendala dalam periklanan internasional adalah:
a. Kendala perbedaan bahasa
b. Ketersediaan media
c. Kendali pemerintah
d. Publisitas
3. Strategi periklanan di setiap pasar nasional dapat memancing reaksi pesaing lokal yang berbeda.
Hal ini termasuk dalam kendala periklanan internasional pada aspek:
a. Persaingan
b. Kebijakan perusahaan
c. Kendali pemerintah
d. Semua jawaban benar.
4. Berikut adalah satu dari tujuh macam keputusan utama yang perlu di pertimbangkan secara
cermat dalam keputusan periklanan internasional, kecuali:
a. Pemilihan agen periklanan
b. Penentuan anggaran periklanan internasional
c. Pemilihan artis lokal
d. Penentuan pesan iklan.
5. Berikut ini adalah termasuk salah satu alternative dalam pengorganisasian periklanan
internasional:
a. Sentralisasi
b. Sterilisasi
c. Generalisasi
d. Agensi.
6. Yang tidak termasuk dalam kategori sales promotion, adalah:
a. Promosi konsumen
b. Promosi sample
c. Promosi dagang
d. Promosi bisnis.
7. Berikut ini adalah contoh bentuk promosi penjualan melalui promosi konsumen, kecuali;
a. Sponsor pertunjukan
b. Potongan harga
c. Kupon berhadiah
d. Produk sampel.
8. Berikut ini yang termasuk tujuan aktivitas public relations pada pemasaran internasional, adalah:
a. Membina hubungan baik dengan stakeholder di negara asal maupun di negara tujuan
pemasaran
b. Merangsang kegiatan penjualan dan perantara
c. Membina atau membangun kredibilitas
d. Semua jawaban benar.
KUNCI/JAWABAN SOAL LATIHAN PILIHAN GANDA
TOPIK 1
TOPIK 2
TOPIK 3
TOPIK 4
NO JAWABAN NO JAWABAN NO JAWABAN NO JAWABAN
1 A 1 D 1 D 1 C
2 A 2 D 2 C 2 C
3 B 3 D 3 B 3 D
4 D 4 B 4 D 4 D
5 C 5 D 5 D 5 B
6 B 6 C 6 D 6 D
7 A 7 D 7 D 7 B
8 D 8 B 8 A 8 A
TOPIK 5
TOPIK 6
TOPIK 7
TOPIK 8
NO JAWABAN NO JAWABAN NO JAWABAN NO JAWABAN
1 C 1 D 1 B 1 D
2 C 2 A 2 D 2 A
3 D 3 A 3 B 3 B
4 B 4 A 4 C 4 C
5 B 5 A 5 A 5 D
6 D 6 C 6 D 6 C
7 D 7 A 7 A 7 C
8 D 8 D 8 B 8 A
TOPIK 9
NO JAWABAN
1 A
2 D
3 A
4 C
5 A
6 B
7 A
8 D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar